Monday, November 29, 2010

Sejarah asal mula CHOPPER

Sejarah Perkembangan.


sebelum munculnya era choppers adalah hadir terlebih dahulu era "bobbers" yang berasal dari kata "bobbed" atau melepaskan sebagian besar beban dari motor, pada umum nya adalah melepas atau memotong fender depan dan belakang dengan tujuan untuk membuat motor menjadi lebih ringan dan juga laju motor lebih cepat dan motor menjadi lebih simple.

Selain itu penampilan motor itu sendiri menjadi lebih unik dan eye cacthing bagi para bikers,aliran bobbed ini juga adalah asal mula dari aliran "minimalist rider" contoh terdahulu dari bobber adalah 1940 indian sport "bob-job" yang telah di hadirkan di pertunjukan "the art of the motorcycle exhibitions" indian scouts dan indian chiefs yang hadir pada masa nya dengan tampilan extra large fenders depan dan belakang yang hampir menutupi keseluruhan roda nya begitu juga dengan luxurius 1941 indian series 441, sementara motor racing hanya menggunakan fenders yang kecil atau bahkan tanpa fenders sama sekali.
ukuran motor yang besar dengan kelengkapan yang selalu full covers menjadi inspirasi bagi para modifikator pada era itu untuk menjadikan motor itu sebagai bahan seni yang indah untuk di olah ulang atau di modifikasi.
Para bobbed dan minimalis menginspirasi generasi selanjutnya menciptakan aliran "cafe racers"
dan "choppers" akan menjadi era baru yang berkembang dan menjelajahi berbagai era aliran modifikasi motor masa sakarang.

ini adalah tampilan original dari Harley Davidson. the American Classic 750cc WLC 1943!
seperti kita lihat penampilan nya yang bongsor dan berkesan berat sangat terlihat, atas pertimbangan itu lah para modifikator berupaya melepas parts motor atau meminimalisir parts yang ada.

dan selanjut nya dibawah ini adalah contoh Harley Davidson Bobber Style.
bisa kita lihat perbedaan nya sekarang, tidak ada fender depan, engine guard bar, dan fender belakang dipangkas seminimal mungkin, demikian juga dengan exhaust tip yang di pendekan.

Di Amerika Serikat pada zaman perang dunia ke II,mekanik yang pulang dari peperang,mereka mulai melepaskan bagian dari motor yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi atau bagian yang tidak berarti sama sekali dan tidak berpengaruh pada kinerja mesin seperti fenders depan dan belakang,indikator on/off mesin,spedo meter dan bahkan rem depan juga di lepaskan.

Ini adalah tampilan masa peralihan dari era Bobbers ke Choppers.


Spring saddle yang tinggi dan besar juga di lepaskan dengan tujuan agar si pengendara duduk serendah mungkin ke bagian frame motor tersebut,dan yang utama adalah pada bagian mesin nya yang di setting ulang agar performance mesin meningkat secara extreme,yang kadang di setting untuk dirt-track dan mud-race.
Footrest yang di tempatkan di bagian sangat depan menggantikan standar footrest yang extra lebar,begitu juga dengan ban depan yang lebar,lampu depan yang besar,fuel tank dan oil tank yang besar pun di ganti dengan yang lebih kecil dan simple.

Kebanyakan choppers menggunakan cat dan warna yang tidak umum dan jarang sekali menjadi cat atau di gunakan sebagai warna dasar pabrikan,contoh nya adalah warna "flat black,shiny metallic,metal flake and glamour glitters" menjadi opsi bagi para choppers builder.dan juga belakangan ini banyak bagian dari parts motor yg menggunakan "chrome" bahkan chrome menjadi salah satu pilihan warna untuk motor itu sendiri.
Choppers shop atau lebih sering disebut "chop shop" membuat sendiri berbagai macam aksesoris motor,seperti membuat handle bars,foot rest,exhaust pipe,fenders fuel tank,oil tank dan bahkan memproduksi sendiri secara terbatas frame dan forks motor yang mempunyai ciri khas tersendiri.

dibawah ini adalah contoh beberapa motor era bobbed chopped :




bisa kita lihat kesamaan pada motor di atas yaitu : high bars/ape bar, fork depan yang panjang, ban depan yang tipis dan lingkaran yang lebih besar, foot rest/step di pindah kan/di majukan kedepan, exhaust pipe yang di potong/di pasang lebih panjang, juga cat/pewarnaan motor lebih eye catching dan berbeda.

Dengan perubahan yang sangat ekstreme dari settingan pabrikan menjadikan choppers cukup sulit di kendalikan dalam kecepatan rendah tapi sangat sangat stabil dan nyaman pada kecepatan tinggi dan kecepatan tertentu, ini di sebabkan oleh perubahan pada frame asli yang di rubah oleh para builders,dan perubahan fork depan yang menjadi lebih panjang dan tinggi menjadi salah satu faktor handling pada choppers, bagian belakang di desain dengan ban belakang yang sangat lebar dan besar tetapi berdiameter kecil selain itu di bagian belakang di lengkapi dengan backrest yang extreme tingginya bahkan bisa melebihi tinggi kepala riders itu sendiri,kemudian bagian tempat duduk pengendara yang di desain serendah mungkin,bagian foot rest yang di pasang lebih memanjang kedepan dan bagian depan motor yang menggunakan "high bars" dan fork depan yang panjang,band depan yang kecil tetapi berdiameter sangat besar juga penggantian fenders depan dan belakang dengan yang lebih extreme minimalist dan juga pada tank bensin dan tank oli yang di rubah dengan yang lebih kecil,simple dan nyentrik menjadikan gaya aliran choppers lebih menarik perhatian riders lain nya.



Traditional Choppers.




Choppers pada awal nya lahir di daratan amerika serikat, yaitu negara yang memproduksi motor Harley Davidson itu sendiri.
Pada akhir perang dunia ke II para tentara bermotor amerika serikat dan para mekanik nya memperbaiki seluruh kendaraan motor dan mobil mereka. Pada pada masa itu perang sudah selesai dan banyak sekali motor dan mobil yang masih berfungsi dengan baik tetapi dengan kondisi body atau penampilan yang tidak baik,kemudian para tentara dan mekanik nya mulai membuang bagian dari motor dan mobil yang rusak dan tidak menggangu fungsi mesin itu sendiri,di bagian motor banyak fenders depan dan belakang yang sudah rusak,bagian saddle yang rusak, bagian lampu depan dan belakang yang hancur atau hilang, bagian engine guard depan dan bekang yang rusak.pada masa itu lah berbagai ide awal dari BOBBERS, MINIMALIST dan CHOPPERS banyak muncul, begitu juga dengan HOTRODS atau di sebut juga HOTRODERS. kecintaan para tentara bermotor dan para mekanik nya terhadap kendaraan perang roda dua maupun roda empat menjadikan perbaikan motor dan mobil ini menjadi lebih menarik bahkan menjadikan nya suatu kepuasan tersendiri bagi mereka.
  
para tentara pengendara bermotor berkeinginan agar motor mereka lebih ringan dan ingin menghilangkan kesan motor perang yang kusam dan berat bobot beban nya.




Awal modifikasi adalah, MINIMALIST yaitu: seluruh body motor di lepas dan menggantinya dengan fungsi yang secukup nya,saddle di ganti dengan yang lebih kecil,fenders depan dan belakang di lepaskan,engine guard sudah tidak di pasang lagi karena di anggap menambah beban motor,exhaust pipe yang panjang di potong dan di bikin sedikit lebih pendek dari orsinil nya,ban depan di ganti dengan yang lebih kecil lebarnya dan lebih besar sedikit diameter nya.


Kemudian modifikasi selanjutnya adalah, BOBBERS yaitu: dasar nya sama dengan minimalist tetapi gaya aliran ini kembali menggunakan fenders depan yang di potong extreme dan fungsi nya hanya sebagai pelengkap dan pemanis penampilan bagian depan motor,di bagian fenders belakang sama di potong cukup extreme dan tidak berfungsi sebagai penahan cipratan air tetapi di fungsikan sebagai tempat duduk boncengan yang di lapisi sedikit busa dan kulit,maksud dari pemotongan fenders itu adalah agar bagian roda motor depan dan belakang tampak lebih besar tetapi tetap ringan di kendarai.pada era BOBBERS ini lah muncul banyak ide yang menambah marak nya dunia otomotif,dan juga oleh masa ini lah gaya aliran choppers muncul dan berkembang hingga saat ini.

Gaya modifikasi selanjutnya, CHOPPERS yaitu: seluruh bagian motor mengalami perubahan yang significant terutama di bagian depan motor,pertama pada bagian frame motor yang di rubah sudut derajat kemiringan fork depan,dirubah posisi duduk si pengendara menjadi sangat rendah sekali,di rubah luas diameter frame belakang agar roda yang lebar dan besar bisa di pasangkan di bagian belakang nya.
kemudian di bagian fork depan di ganti dengan fork yang lebih panjang dan solid juga menggunakan diameter roda depan yang cukup besar tetapi lebar nya standard,pada bagian handle bars motor di ganti dengan beragam type bars dari yang extrme high bars hingga ke extreme low bars.
Pada bagian lampu depan sudah tidak menggunakan lampu original harley yang besar dan makan tempat,dan di gantikan dengan lampu custom made yang lebih simple dan menarik.pada tank bensin di ganti dengan yang lebih ramping,kecil dan beragam macam bentuk yang unik,dan pada awal nya para choppers builder biasa menggunakan "teardrops style" berbentuk seperti tetesan air mata yang unik dan menarik.pada bagian exhaust pipe memiliki ciri khas yaitu bentuk nya yang unik dan panjang nya yang extreme hingga bisa mencapai tinggi di atas "sissy bars" atau backrest boncengan belakang,tanki oil di tempatkan di bawah saddle atau di pinggir dengan ukuran yang cukup kecil tetapi sangat menarik. Para builder biasanya nya pada bagian pengecatan frame dan bagian lain nya selalu menggunakan warna yang sangat unik dan tidak pernah sama dengan motor lain nya,tetapi pada masa itu "stars n stripes" "flame graphic" dengan berbagai variasi motif merajai dan mendominasi tema choppers pada waktu itu.


 Choppers sangat mengutamakan penampilan motor dan karakter pengendara nya,di sisi lain choppers juga memiliki kelebihan di bagian performa mesin,para builders selain merubah total penampilan motor,mereka juga menyetting ulang performa mesin motor tersebut,biasanya setting standard yang di lakukan adalah mengganti parts standard dengan parts racing,mengganti karburator standard dengan karburator racing compotition atau dengan karburator custom yang lebih extreme performa nya,bahkan pada masa ini sudah banyak choppers yang di lengkapi dengan "NOS" untuk memaksimalkan performa mesin motor mereka.
Tetapi gaya aliran ini juga memiliki kelemahan nya,yaitu motor sedikit sulit di kendarai dalam kecepatan yang rendah di karenakan seluruh sudut dan bagian motor sudah mengalami perubahan yang cukup extreme,dan sebalik nya apabila sudah di kendarai dalam batas normal (60 kmph) atau lebih,motor ini sangat stabil dan sangat nyaman posisinya.saat kita mengendarai choppers mungkin kita tidak dapat berbelok dengan sempurna tetapi,sudah pasti kita akan kelihatan sangat sempurna di atas motor choppers kita.


beberapa tampilan CHOPPERS saat ini.






Choppers sudah banyak sekali peminatnya, pengikutnya dan penikmatnya di seluruh penjuru dunia, di setiap negara Choppers mempunyai tempat special di setiap komunitas bikers, ini dikarenakan para choppers builder selalu berusaha tampil berbeda di setiap tahun nya, dan tanpa menghilangkan ciri khas nya tersebut.

Stock Bike, Minimalist style, Bobber style, StreetFighter style, maupun Chopper style semuanya mempunyai keindahan, kelebihan dan kekurangan nya tersendiri, namun memiliki satu visi "live to ride - ride to live"

R.N.

No comments:

Post a Comment